Monday 8 October 2007

Bagaimana cara menyeduh teh yang benar?

Ada satu kebiasaan kita yang salah dalam menyeduh teh, yaitu dengan merendam ampas teh dalam teko atau cangkir. Bahkan beberapa orang ada yang memiliki kebiasaan merendam teh semalaman untuk diminum keesokan harinya. Padahal, merendam teh maksimal 5 menit saja (untuk teh hitam). Lebih dari 5 menit zat Tannin akan keluar, sehingga menyebabkan rasa teh menjadi lebih pahit.

Untuk memisahkan ampas daun teh, bisa digunakan wadah lain atau teko lain, dan menggunakan saringan. Alat lain yang dapat dipergunakan yang disebut sebagai tea infuser. Alat ini cara kerjanya mirip dengan teh celup. Teh dimasukkan dalam kantong yang terbuat dari stainless steel, masukkan dalam cangkir, selesai seduh tinggal angkat. Hanya alat ini cocoknya untuk teh hitam saja. Untuk teh hijau, kurang cocok karena teh hijau butuh ruangan lebih besar untuk mengembang. Selain itu, stainless steel terlalu panas kalau digunakan untuk teh hijau. Kalau anda memilih tea infuser, pilihlah yang ukurannya agak besar, sehingga anda lebih leluasa menggunakannya untuk menyeduh satu cangkir hingga 4 cangkir. Tea infuser ini juga dapat dipergunakan untuk menyeduh teh dalam teko, untuk menggantikan fungsi saringan teh.

Peralatan lain yang cukup praktis disebut Tea Plunger. Alat ini berbentuk silinder, dengan lubang-lubang saringan disekelilingnya, tetapi tidak sampai dibagian bawah silinder. Di tengah silinder ada semacam klep dan tuas yang bisa ditekan kebawah. Ketika waktu seduh dirasa cukup, tuas ditekan kebawah, klep akan menekan teh ke dasar silinder sehingga tidak terkena air lagi. Tea plunger banyak digunakan untuk tea pot press seperti merk Bodum misalnya.



Air apa yang baik dipergunakan untuk menyeduh teh?

Air sumur atau Ledeng? Dipanaskan sampai menggelegak atau hangat-hangat kuku?

Teh, hampir lebih dari 90% bahan yang dipakai adalah air. Kualitas air sangat berpengaruh terhadap kualiatas teh yang anda seduh. Selain itu, suhu air yang ktia masak juga merupakan pengaruh yang besar. Air yang bagus adalah air dari mata air pegunungan. Air Minum dalam kemasan seperti Aqua, adalah salah satu contoh air yang cukup bagus untuk dipergunakan. Suhu air tergantung dari jenis teh yang mau diseduh. Teh hitam suhu air yang digunakan adalah 100 derajat Teh Oolong 80-90 derajat. Untuk teh hijau cukup dengan air 70 derajat, sedangkan teh putih lebih rendah lagi, cukup dengan suhu air 60 derajat.

Seberapa banyak takaran teh yang diperlukan?

Kunci dari keberhasilan seduhan teh anda adalah keseimbangan antara jumlah air dan jumlah teh yang dituangkan. Terlalu sedikit teh akan menyebabkan rasa dan aroma tidak keluar, sebaliknya terlalu banyak teh yang menyebabkan rasa teh menjadi lebih pahit. Rumusan sederhana adalah satu sendok teh seduh, untuk 1 cangkir ukuran 300 mm. Untuk teh Oolong, digunakan lebih banyak teh. 1 Sendok makan teh, untuk 1 cangkir ukuran 300 mm. Tidak ada rumusan yang pasti, karena selera orang berbeda-beda. Ada yang suka dengan teh kental, ada yang suka teh yang lebih bening. Ada bisa mencoba-coba mengurangi atau menambah takaran sesuai selera anda.

No comments: